Tips memulai menulis blog

Sunday, October 16, 2011

Jika kita sudah berhasil membuat sebuah blog, kita bisa mulai menulis di blog tersebut. Namun yang jadi permasalahan para blogger pemula adalah Apa yang harus ditulis ? Lewat tulisan ini, saya mau menjawab pertanyaan itu dan menjelaskan hal lainnya kepada anda yang mau memulai aktivitas menulis di blog.



1. Mulailah dengan Memperkenalkan Diri Anda
Bila anda masih bingung mau menulis apa, anda bisa memulai tulisan pertama anda dengan perkenalan diri. Anda bisa  mendeskripsikan hal-hal mengenai anda misalnya:  siapa diri anda, Apa hobi anda, apa yang anda sukai, Mengapa anda membuat blog, Harapan anda terhadap blog yang anda buat, atau anda bisa mendeskripsikan hal lainnya.
Tulisan tentang apa saja yang akan anda posting ke blog anda, Tulisan seperti ini banyak di posting oleh para blogger (termasuk saya) saat memulai menulis di blog barunya.


2. Menentukan Tema Blog

Akan lebih baik jika anda menentukan tema  tulisan  blog anda. Misalnya anda memutuskan blog anda bertema sepakbola. Jadi, semua tulisan yang akan mengisi blog anda itu berhubungan dengan sepakbola. Memang saya akui ini agak susah bagi seorang blogger baru, karena hal ini akan membatasi tulisan-tulisan yang akan diposting ke blog itu. Mungkin anda bisa mencobanya di blog kedua anda (kalau anda mau bikin blog lagi)


2. Tulislah Apa Saja yang ada dalam pikiran anda.
Anda bebas menulis apa saja di blog. Tidak ada yang melarang anda untuk menulis. Segala macam tulisan diperbolehkan ditulis diblog. Tidak usah mempedulikan komentar orang yang tidak enak terhadap tulisan di blog anda, karena itu kan blognya anda jadi terserah anda mau nulis apa. Tapi kalau komentar itu berupa kritik/saran yang membangun, tidak ada salahnya kalau anda perhatikan. Pada awalnya blog adalah diary elektronik, Jadi yang anda tulis adalah mengenai kehidupan sehari-hari yang sudah dilewati. Tapi tidak hanya itu saja. Sekarang jamannya sudah beda. Kini Anda boleh menulis hal lain seperti:
>>Menulis berita, informasi, hal unik atau tips yang anda ketahui dalam kehidupan anda yang mungkin berguna dan juga ingin diketahui oleh orang lain.
>>Menulis opini anda terhadap suatu hal yang sedang diperbincangkan oleh masyarakat.


3. Hati-hatilah dalam menulis.
Ingat ! tulisan di blog anda akan dibaca oleh banyak orang, jadi anda jangan menulis hal yang menimbulkan kontroversi dengan tulisan yang melanggar SARA atau menulis hal-hal negatif lainnya. Nanti nasib anda bisa jadi seperti Prita Mulyasari hehehe....Memang anda bebas menulis apa saja, tapi bukan bebas hingga tak terkontrol namun bebas yang bertanggung jawab.
Jadi anda juga perlu hati-hati dengan tulisan anda. Pikirkan, apakah tulisan anda akan membawa anda pada suatu masalah. Tapi jangan takut bila selama tulisan anda itu baik dan benar

4. Jangan mengopy tulisan orang lain.
Inilah cara cepat yang banyak dilakukan blogger agar memiliki banyak tulisan di blognya. Seseorang yang ingin cepat-cepat blognya terisi tulisan tapi bingung mau nulis apa, akan melakukan cara curang ini. Ini adalah salah satu kesalahan yang banyak dilakukan seorang blogger saat ia baru memulai aktifitas ngeblognya. Emangnya kenapa sih gak boleh copy-paste artikel ? Karena hal itu sama dengan melanggar hak cipta. Dalam hal ini, hak cipta yang dilanggar adalah artikel karya orang lain. Tapi tenang saja, gak usah terlalu dipikirin (sampai stress hehehe....). Tidak ada hukuman yang akan anda terima bila mengopy artikel orang lain. Paling-paling anda akan hanya ditegur atau disebut sebagai si tukang copy-paste alias plagiat oleh pemilik artikel atau pembaca artikel.
Jadi, Anda boleh-boleh saja mengopy tulisan orang lain tapi jangan terlalu sering dan kalau bisa dalam artikel itu anda sisipkan kata-kata dari anda sendiri.
Penjelasan mengenai mengopy tulisan orang lain akan dibahas di artikel lain yang akan saya buat di lain waktu.