Apa asiknya nge-blog?

Sunday, October 16, 2011

Anda pasti tahu game komputer The Sims. Dalam game itu, kita bermain dengan statistik/diagram yang menunjukkan kebutuhan setiap sims. 
Ngeblog juga mirip dengan main game The Sims. Kita bermain dengan statistik blog, seperti jumlah pengunjung, peringkat alexa, google page rank, posisi blog di google, dan lainnya.


Bila ingin jumlah pengunjung meningkat,  maka kita akan "bermain" dengan SEO (Search Engine Optimalization) yaitu mengoptimalkan search engine untuk mendatangkan pengunjung ke blog anda. Dengan meningkatnya pengunjung maka peringkat alexanya akan makin bagus juga.

Untuk meningkatkan google page rank, kita akan "bermain" dengan backlink. Maksudnya kita harus berusaha mendapat backlink sebanyak-banyaknya hingga jumlahnya mencukupi untuk mendapat nilai google pagerank.

Harapan seorang blogger adalah melihat blognya selalu berada di halaman depan google bahkan no 1 di google. Berkaitan dengan posisi blog di google ini, kita bermain dengan dua hal yang sudah saya sebutkan yaitu SEO dan backlink.


Jadi, aktivitas kita untuk meningkatkan statistik adalah permainannya.

Namun anda jangan tergila-gila dengan statistik karena anda bisa jadi stress memikirkannya dan kegiatan ngeblog anda menjadi tidak baik (melakukan banyak spam) demi meningkatkan statistik. Statistik blog hanya untuk memicu anda agar semangat ngeblog.

Peningkatan statistik berjalan perlahan-lahan, sehingga anda harus sabar.