Liverpool Ditahan Imbang Setan Merah di Anfield

Saturday, October 15, 2011

Laga antara dua tim yang sama-sama memiliki warna kebesaran merah, Liverpool dengan Manchester United, akhirnya berakhir imbang 1-1.
Liverpool yang bertindak sebagai tuan rumah, unggul terlebih dahulu melalui gol tendangan bebas Steven Gerrard di menit ke-67. Gol itu berawal dari pelanggaran yang dilakukan oleh Rio Ferdinand terhadap gelandang Liverpol, Charlie Adam. Pelanggaran itu berbuah tendangan bebas bagi tim asuhan Kenny Dalglish.
Steven Gerrard yang menjadi algojo tendangan bebas itu tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Bola tendangan bebasnya itu bersarang di pojok kiri gawang Manchester United, tanpa mampu ditahan oleh penjaga gawang MU, David De Gea.
Namun 14 menit kemudian, striker muda ‘Chicharito’ Hernandez berhasil menyamakan kedudukan. Masuk sebagai pemain pengganti di menit 76, Chicharito yang dimasukkan oleh Sir Alex Ferguson menggantikan Phil Jones, berhasil mengoyak gawang Liverpool di menit ke-81 lewat sundulannya.
Gol Chicharito itu berawal dari tendangan sudut yang diperoleh oleh Manchester United di sisi kanan pertahanan Liverpool. Nani yang mengambil tendangan sudut, mengirim bola langsung ke tengah kotak penalti Liverpool.
Bola tendangan Nani kemudian disambut sundulan Danny Welbeck, yang kemudian diteruskan lagi oleh sundulan Chicharito ke gawang Liverpool, sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-1.
Di babak pertama kedua tim hanya bermain imbang 0-1. Liverpool yang menurunkan duet Luis Suarez dan Dirk Kuyt di lini depan, tidak mampu menciptakan peluang berarti di babak pertama, karena semua serangan Liverpool mampu dipatahkan oleh lini belakang Manchester United yang digalang oleh Rio Ferdinand.
Demikian juga tim Setan Merah yang menurunkan Danny Welbeck sebagai striker tunggal, juga tidak mampu memberikan ancaman berarti ke gawang Liverpool yang dikawal oleh Pepe Reina.
Dengan hasil imbang 1-1 ini, Manchester United kini tetap memimpin di puncak klasemen dengan nilai 20. Namun posisi mereka terancam oleh Manchester City yang akan menjamu Aston Villa di Ettihad Stadium.
Jika Manchester City menang, maka mereka akan menggusur Manchester United sebagai pemimpin klasemen.
Susunan pemain
Liverpool: Reina; Enrique, Skrtel, Kelly, Carragher; Downing, Lucas, Adam, Gerrard; Kuyt, Suarez
Cadangan: Daniel Agger, Andy Carroll, Jordan Henderson, Jay Spearing, Doni, Craig Bellamy, Jack Robinson
Manchester United: De Gea; Evra, Ferdinand, Jones, Smalling; Giggs, Evans, Park, Fletcher, Young, Welbeck
Cadangan: Anderson, Wayne Rooney, Javier Hernández, Michael Carrick, Nani, Luis Antonio Valencia, Anders Lindegaard