8 Manfaat nge-blog

Sunday, October 16, 2011

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari kegiatan ngeblog.

1. Diary
Kita sudah tidak asing lagi dengan manfaat blog yang satu ini. Yup, sebagai Diary. Malah blog bisa disebut diary elektronik. Walau begitu, isinya tentu bukan hal-hal yang terlalu personal/privacy. Biasanya hal-hal yang dituliskan adalah tentang pengalaman yang menarik/mengesankan atau opini terhadap suatu hal. Secara tidak langsung, tulisan itu akan menjadi cerpen yang menarik dan menghibur pengunjung blog yang membacanya. Suatu saat nanti, anda bisa membacanya kembali dan pasti nanti akan senyam-senyum saat membacanya.


2. Terampil Menulis
Anda mungkin tidak menyadarinya, namun dengan ngeblog anda bisa terampil menulis. Bagaimana tidak ? Kegiatan utama ngeblog adalah menulis, Memang nyatanya kita tidak menulis tapi mengetik(hehehe...). Namun yang ditekankan disini adalah tentang merangkai kata-kata. Manfaat ini bisa digunakan untuk kehidupan kita. Bagi pelajar berguna saat menulis karya ilmiah/karya tulis. Bagi mahasiswa, bisa berguna saat menulis skripsi. Bagi jurnalis, berguna saat menulis berita.


3. Menambah teman jejaring sosial
Anda bisa meletakkan badge/widget situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, & Plurk di blog anda. Dengan begitu, pengunjung blog anda akan melihat badge/widget itu dan mungkin saja mereka akan meng-add/mem-follow anda. Manfaat ini sudah saya rasakan. Kira-kira sudah ada 5 orang yang meng-add facebook saya karena adanya badge/widget itu di blog saya.


4. Meraih penghasilan
Dengan menggunakan blog, kita bisa mendapat penghasilan (uang). Kebanyakan, para blogger mendapat penghasilan dari pemasangan iklan baris di blog mereka. Namun, masih ada lagi sumber penghasilan yang lain contohnya dari pengunduhan file (Ziddu), program afiliasi, paid-to-review, pay-per-post.

5. Dikenal di dunia maya
Ngeblog juga bisa membuat kita eksis di dunia maya. Orang-orang akan mengenal anda lewat tulisan blog anda, terutama yang terindeks google. Apalagi, bila anda spesialis menulis tulisan di bidang tertentu (misalnya: bidang kuliner) yang jarang orang tulis. Anda akan lebih eksis lagi. Orang akan cepat mengingat anda bila ia mencari jenis artikel yang menjadi spesialisasi blog anda. Lama kelamaan nama anda dan blog anda akan tersebar luas dan akhirnya dikenal banyak orang.

6. Modal untuk dunia kerja
Mungkin anda baru tahu bahwa Ngeblog itu bisa berguna untuk memperoleh pekerjaan. Lho kok bisa ? Tentu saja bisa karena saat ini terdapat beberapa perusahaan (terutama yang dibidang advertising) membutuhkan orang yang bisa ngeblog. Biasanya, syarat utamanya adalah suka menulis (ngeblog), sudah mahir dengan SEO dan mengerti kode CSS, HTML, Java Script. Dengan begitu, ilmu blogging yang sudah kita miliki benar-benar bisa digunakan di dunia kerja.

7. Menambah Relasi (lewat komunitas)
Kini, sudah banyak bermunculan komunitas blogger. Kita bisa menambah relasi, bila bergabung di komunitas itu. Anda bisa mengenal dan sharing seputar ngeblog dengan blogger lain, sehingga terjalin interaksi sosial di dunia nyata bila bertemu mereka. 

8. Memahami kode HTML/Javascript
Dalam ngeblog kita sudah tidak asing dengan kode HTML/Java Script. Itu membuat kita bisa mendapat pengetahuan/ilmu baru seputar bahasa pemrogaman komputer sehingga kita tidak terlalu gaptek di dunia komputer.